Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

7 Pilar Teknologi yang Mendukung Revolusi Industri 4.0

18 Juli 2020 7 Pilar Teknologi yang Mendukung Revolusi Industri 4.0
Image source: pixabay.com

Mengingat bahwa perkembangan teknologi yang semakin cepat, revolusi 4.0 pun sudah mulai memasuki beragam industri. Revolusi industri 4.0 sendiri adalah suatu fenomena yang menggabungkan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsepnya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Hal tersebut tentunya bisa menambah nilah efisiensi pada suatu lingkungan kerja, di mana manajemen waktu dianggap sebagai sesuatu yang vital dan sangat dibutuhkan oleh para pemain industri. Manajemen waktu yang baik juga secara eksponensial akan berdampak pada kualitas tenaga kerja dan biaya produksi.

Adapun, contoh nyata yang bisa dilihat dari pemanfaatan teknologi pada bidang industri adalah proses pembukuan dan produksi yang ini bisa dengan mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja. Terlepas dari peran teknologi dalam bidang industri, manfaatnya juga bisa didapatkan oleh masyarakat luas. Saat ini, pengambilan dan pertukaran informasi bisa dengan mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui jaringan internet.

7 Macam Teknologi Sebagai Pilar Utama Revolusi Industri 4.0

7 Pilar Teknologi yang Mendukung Revolusi Industri 4.0 Image source: pixabay.com

Dalam revolusi 4.0, terdapat 7 teknologi yang menjadi pilar utama dalam pengembangan suatu industri biasa menuju industri digital, yaitu:

1. Internet of Things (IoT)

IoT atau Internet of Things adalah suatu konsep, di mana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa diperlukannya interaksi manusia.

2. Big Data

Big data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data saat ini telah digunakan dalam banyak bisnis dan bisa membantu menentukan arah bisnis.

3. Artificial Intelligence

AI atau Artificial Intelligence adalah suatu teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia, dan bisa diatur sesuai keinginan manusia. Adapun, fungsi utama dari AI adalah kemampuannya untuk mempelajari data yang diterima secara berkesinambungan. Karena, semakin banyak data yang diterima dan dianalisis, akan semakin baik pula AI membuat predisksi.

4. Additive Manufacturing

Additive manufacturing adalah suatu terobosan baru dalam dunia industri manufaktur, atau yang sering dikenal sebagai printer 3D. Pada era saat ini, gambar desain digital yang telah dibuat bisa diwujudkan menjadi benda nyata dengan ukuran dan bentuk yang sama.

5. System Integration

Sistem integrasi merupakan suatu rangkaian yang menghubungkan beberapa sistem, baik secara fisik maupun fungsional. Adapun, sistem ini akan menggabungkan komponen sub sistem dalam satu sistem yang akan menjamin setiap fungsi bisa bekerja optimal secara kesatuan.

6. Cloud Computing

Komputasi awan, (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet.

7. Cyber Security

Cyber security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan utnuk menganggu kerahasian (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Untuk mengatasi itu semua, terdapat fitur fitur yang bisa menjaga ketiga hal tersebut. Seperti fitur SSL Certificate, Bit Ninja, dan Firewall.

Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Saat ini, Indonesia sendiri sudah mulai menerapkan revolusi industri 4.0. Hal ini terlihat dari banyaknya pabrik-pabrik yang menerapkan sistem jaringan internet untuk memudahkan beragam akses. Seperti, informasi internal, pengawasan karyawan, sampai dengan pembukuan. Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, tentunya diperlukan persiapan khusus yang mendukung. Terutama jika Anda adalah seorang pebisnis atau pemain di bidang industri.

Untuk bisa menerapkan revolusi 4.0 pada bisnis atau industri yang Anda jalankan, saat ini sudah banyak penyedia teknologi yang bisa memberikan Anda manfaat dari 4.0 ini. Salah satunya adalah Synnex Metrodata Indonesia. Synnex Metrodata Indonesia menyediakan beragam solusi invovasi untuk beragam industri yang didukung oleh teknologi berbasis intel. Seperti:

  • Cisco Meraki for Retail and Hospitality, yaitu teknologi IoT untuk industri perhotelan

  • Cisco Healthcare Solution, yaitu teknologi IoT yang diperuntukkan bagi dunia kesehatan

  • Gorilla Technology Intelligent Video Analytics Recorder atau smart video recorder yang bisa memungkinkan perangkat low-end menganalisis 150% lebih banyak feed video secara bersamaan secara real-time

Tidak hanya tiga itu saja. Synex Metrodata juga menyediakan teknologi IoT dan AI untuk sektor lainnya, seperti bisnis dan retail. Jika Anda tertarik untuk mengetahui beragam inovasi IoT dan AI dari Synnex Metrodata Solution, Anda bisa klik di sini.

Bagikan :

Artikel lainnya

IoT dan Industri Ritel: Manfaat dan Contoh Penggunaannya

Pembahasan mengenai Internet of Things (IoT) memang tidak ada habisnya. Salah satu teknologi ini memang telah memberikan berbagai inovasi pada banyak sektor. Singkatnya, IoT telah...

baca lebih lanjut

Tesla: Penggunaan AI Sebagai Inovasi Kendaraan Otomatis

Pada saat mobil listrik belum begitu populer secara luas, Salah satu perusahaan otomotif berbasis di California, Tesla, sudah mulai merancang mobil listrik yang futuristik. Tujuh belas tahun berlalu sejak...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut