Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Internet of Things (IoT): Pentingnya Penggunaan Sistem Cisco Connected Factory pada Bisnis

10 November 2020 Internet of Things (IoT): Pentingnya Penggunaan Sistem Cisco Connected Factory pada Bisnis
Image source: unsplash.com

Saat ini banyak pelanggan menginginkan produk yang disesuaikan dengan keinginan mereka, sehingga prosesnya pun tidak selalu menghasilkan proses yang hemat biaya. Teknologi otomatisasi memungkinkan bisnis untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan mengintegrasikan seluruh proses dari menerima pesanan hingga konfirmasi pengiriman. Pendekatan terintegrasi ini dikenal sebagai connected factory.

Produsen dapat menganalisis data untuk memecahkan masalah, menemukan kemacetan, dan mengurangi biaya dengan penerapan hal tersebut.

Pentingnya connected factory

Otomatisasi selalu digunakan di dalam industri, bahkan pada tingkat yang sederhana. Connected factory lebih dari sekadar otomatisasi kinerja di seluruh jaringan yang luas dan menjalankan proses produksi secara mandiri. Connected factory selalu cerdas menggunakan data yang konstan untuk menyesuaikan dengan permintaan yang berubah-ubah dengan sistem yang terintegrasi dan fleksibel. Alur kerja otomatis, pelacakan penjadwalan waktu nyata, dan konsumsi energi yang dioptimalkan meningkatkan waktu kerja sekaligus mengurangi biaya dan pemborosan.

Fitur Connected factory

Connected factory menghubungkan proses sehingga data yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat keputusan dengan cepat. Peralatan tertentu pada connected factory memiliki sensor pintar untuk terus-menerus menarik data sehingga dapat mencerminkan kondisi saat ini.Connected factory bersifat fleksibel dalam artian bahwa teknologi dapat diterapkan dan diubah agar sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Connected factory

Internet of Things (IoT): Pentingnya Penggunaan Sistem Cisco Connected Factory pada Bisnis Image source: unsplash.com

Manfaat dari connected factory tidak hanya terdapat pada proses produksinya saja seperti waktu pemrosesan yang lebih singkat, peningkatan kepuasan pelanggan, dan produk yang sampai tepat waktu. Akan tetapi ada keuntungan lain dari connected factory yaitu:

  1. Kualitas Lebih Baik
    Connected factory dapat mendeteksi masalah kualitas lebih cepat dan dapat mengidentifikasi alasannya.

  2. Biaya Rendah
    Optimasi mengarah ke proses yang lebih hemat biaya, termasuk dalam mengontrol inventaris, keputusan perekrutan yang lebih baik, dan lainnya.

  3. Peningkatan Fleksibilitas
    Connected factory dirancang untuk konfigurasi manufaktur yang berbeda sesuai dengan fluktuasi permintaan. Ini memberikan fleksibilitas operasi yang optimal.

  4. Produktivitas yang Lebih Tinggi
    Karena Connected factory dapat beroperasi 24/7 dan memiliki biaya tenaga kerja langsung yang lebih rendah, sehingga ada penghematan investasi yang besar ketika menggunakannya.

  5. Keamanan yang Lebih Baik
    Otomatisasi tugas-tugas seperti menyortir, mengemas, mengangkut, dan mengirimkan memungkinkan manusia untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas yang lebih aman.

Kesimpulan

Dengan melihat keseluruhan gambaran dari sistem tersebut, perusahaan manufaktur dapat memulai menggunakan teknologi connected factory dari komponen skala kecil, hal ini dikarenakan connected factory bersifat sangat fleksibel. Produsen dapat berinvestasi dalam teknologi yang sesuai dengan kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu. Dengan adanya investasi ini tentunya sangat berharga karena connected factory memungkinkan tim logistik mengidentifikasi dan memperbaiki masalah di seluruh rantai pasokan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, profitabilitas, dan menurunkan biaya

Untuk bisa menerapkan tren teknologi connected factory pada bisnis Anda, Synnex Metrodata Indonesia menyediakan solusi invovasi yang didukung oleh teknologi canggih berbasis intel, yaitu Cisco Connected Factory. Cisco Connected Factory merupakan portofolio arsitektur, kapabilitas, dan teknologi serta layanan terdepan di pasar yang tervalidasi dan terbukti, dengan Cisco Validated Design (CVD) yang membantu produsen dengan cepat dan aman mengintegrasikan sistem otomasi dan kontrol industri mereka.

Tidak hanya itu, Synex Metrodata tentunya juga menyediakan beberapa teknologi lain yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda dengan menggunakan teknologi IoT, AI dan lainnya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui beragam inovasi lainnya dari Synnex Metrodata Solution, Anda bisa klik di sini.

Bagikan :

Artikel lainnya

Bagaimana Alfabeta Logistic Solution Bisa Membantu Logistik dalam Industri 4.0?

Sekarang, tujuan prioritas utama perusahaan logistik adalah memastikan layanan yang berkualitas, pengiriman yang tepat waktu, visibilitas rantai ...

baca lebih lanjut

Hanwha Techwin Face Mask Detection: Deep Learning dan Beberapa Keunggulannya

Sebagai bagian dari artificial intelligence (AI), deep learning mempunyai banyak inovasi yaitu diantarnya mobil yang dapat mengemudi sendiri, ...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut