Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Bagaimana Alfabeta Logistic Solution Bisa Membantu Logistik dalam Industri 4.0?

03 November 2020 Bagaimana Alfabeta Logistic Solution Bisa Membantu Logistik dalam Industri 4.0?
Image source: unsplash.com

Sekarang, tujuan prioritas utama perusahaan logistik adalah memastikan layanan yang berkualitas, pengiriman yang tepat waktu, visibilitas rantai pasokan, dan transparansi siklus produk. Dikarenakan hal tersebut, tentunya keberhasilan setiap perusahaan logistik terletak pada manajemen inventaris dan pergudangan yang efisien, otomatisasi proses bisnis, pengiriman yang cepat, dan penjagaan penyimpanan yang aman serta kualitas barang.

Dengan adanya kehadiran dari Internet of Things (IoT) tentunya akan merevolusi sektor industri logistik. Menawarkan banyak keuntungan dan peluang, solusi berbasis IoT diperkenalkan secara luas di sektor ini.

Empat pilar perusahaan logistik yang terhubung

Sistem utama industri logistik menghubungkan empat pilar utamanya, yaitu:

1. Sistem komunikasi

Sistem ini memfasilitasi komunikasi yang konstan antara manajer logistik dan pengemudi kendaran pengantar logistik.

2. Sistem Pemantauan Rantai Pasokan

Industri logistik didukung oleh sistem pemantauan rantai pasokan. Perusahaan logistik mengelola proses rantai pasokan mulai dari pengumpulan bahan baku hingga distribusi produk jadi.

3. Pelacakan Kendaraan

Solusi pelacakan kendaraan umumnya memantau lokasi kendaran saat ini yang membawa barang ke tempat tujuannya.

4. Keamanan Teknologi informasi (TI)

Ancaman keamanan siber meningkat dengan cepat di sektor transportasi. Ini juga mempengaruhi perusahaan di industri logistik dan karenanya keamanan TI sangat penting untuk melindungi data berharga dari serangan siber eksternal.

Penggunaan IoT dibidang logistik

Bagaimana Alfabeta Logistic Solution Bisa Membantu Logistik dalam Industri 4.0? Image source: unsplash.com

Internet of Things (IoT) menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan logistik. Kasus penggunaan IoT di bidang logistik diantarnya:

1. Sistem pelacakan inventaris

Sistem pelacakan inventaris membantu manajer logistik dalam merencanakan stok ulang dan distribusi. Dengan adanya sensor yang terhubung, pemilik perusahaan dapat memastikan produk disimpan aman, menghemat waktu dengan dapat langsung menemukan item yang dibutuhkan, dan meminimalisir kesalahan manusia.

2. Sistem analisis prediktif

Solusi analis prediktif menggunakan teknologi IoT untuk mengumpulkan data dalam jumlah besar dan mengirimkannya ke sistem pusat untuk analisis lebih lanjut yang membantu manajer bisnis membuat keputusan yang tepat mengenai manajemen gudang dan perencanaan rantai pasokan. Data tersebut digunakan untuk mengetahuirute pengiriman terpendek, mendeteksi tanda-tanda awa peralatan yang kurang, dan mengingatkan kapan waktunya untuk mengganti komponen peralatan. Sistem analitik prediktif meningkatkan produktivitas di gudang dan memotong biaya pengiriman.

3. Alat manajemen lokasi

Dengan IoT dalam transportasi dan logistik, manajer perusahaan dapat melacak lokasi real-time setiap kendaraan, status pengiriman, dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses. IoT juga meningkatkan visibilitas keseluruhan dalam rantai pasokan. Pelacakan lokasi tidak hanya terbatas untuk memastikan pengiriman tepat waktu tapi juga sampai dengan kondisi produk yang baik.

4. Kendaraan otomatis (self-driving)

Kendaraan otomatis akan menjadi inovasi utama dalam logistik. Sangat mungkin bahwa perusahaan logistik akan menjadi salah satu pelopor dalam adopsi kendaraan tanpa pengemudi dan yang paling diuntungkan dari inovasi logistik. Kendaraan akan memilih rute yang paling nyaman, menyesuaikan suhu sehingga bisa menyimpan produk di lingkungan yang menguntungkan.

5. Pengiriman berbasis drone

Dalam industri logistik, drone dapat digunakan untuk meningkatkan navigasi di dalam gudang, memberi pelanggan pengiriman instan, dan menyelesaikan masalah pengiriman jarak jauh sehingga efisien untuk mempercepat dan mengotomatiskan pengiriman. Setelah menjadi hal yang biasa, pengiriman berbasis drone akan secara signifikan memangkas biaya operasional dan mengurangi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

Kesimpulan

Penerapan IoT dalam industri logistik kini muncul dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan menggunakan solusi IoT terintegrasi, bisnis dapat mengembangkan data dan memprosesnya untuk menciptakan wawasan yang berguna, yang selanjutnya meningkatkan mobilitas dan kecepatan pengiriman barang. Untuk menggunakan Internet of Things (IoT) di dalam industri logistik, Synnex Metrodata Indonesia yang menyediakan solusi invovasi yang didukung oleh teknologi terbaik, salah satunya Alfabeta Logistic Solution.

Alfabeta Logistic Solution merupakan sebuah analisis berbasis kecerdasan buatan dan berorientasi data yang berperan sebagai sistem pembantu keputusan bagi manajemen. Sistem ini juga memberikan solusi end-to-end, dari penjadwalan kedatangan sampai ke penerimaan barang. Tidak hanya itu, Synex Metrodata juga menyediakan beberapa teknologi IoT atau AI lainnya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui inovasi dibidang IoT, AI atau lainnya dari Synnex Metrodata Solution , Anda bisa klik di sini.

Bagikan :

Artikel lainnya

Mengenal Cisco Factory Wireless LAN: Teknologi Nirkabel (Wireless) untuk Internet of Things (IoT)

Teknologi Nirkabel (wireless) di dalam Internet of Things (IoT) adalah istilah luas yang mencakup banyak perangkat yang terhubung di sekitar kita...

baca lebih lanjut

Internet of Things (IoT): Pentingnya Penggunaan Sistem Cisco Connected Factory pada Bisnis

Saat ini banyak pelanggan menginginkan produk yang disesuaikan dengan keinginan mereka, sehingga prosesnya pun tidak selalu menghasilkan proses yang hemat biaya...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut