Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Alfabeta Logistic Mendukung Quality Control (QC) di dalam Manajemen Industri

19 Oktober 2020 Alfabeta Logistic Mendukung Quality Control (QC) di dalam Manajemen Industri
Image source: unsplash.com

Saat menjalankan sebuah bisnis, tentunya sangat penting untuk menerapkan prosedur Quality Control (QC) ke dalam segala hal. Ketika pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan kualitas produk yang konsisten, maka mereka lebih cenderung membeli produk Anda terus-menerus. Kualitas yang konsisten membutuhkan kerja keras, perhatian terhadap detail, dan sistem untuk memantau dan menilai apakah produk tersebut telah memenuhi standar yang berlaku.

Agar hal tersebut tercapai, perusahaan harus membuat proses kerja yang baik, terkoordinasi, dan dilaksanakan secara efisien. Dengan mengintegrasikan QC dalam manajemen dan proses kerja, perusahaan tentunya mendapatkan manfaat dari hal tersebut. Adapun manfaat penting yang bisa dirasakan ketika menerapkan sistem QC diantaranya:

1. Mendorong peningkatan kualitas

QC merupakan hal yang penting dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi yang memenuhi harapan pelanggan. Ketika produk yang di produksi sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan, dan pelanggan merasakan kualitas yang sama sama dari waktu ke waktu, Anda akan mendapatkan peningkatan penjualan.

Loyalitas pelanggan ini menghemat biaya untuk pemasaran dan periklanan, dapat sangat efektif untuk mendatangkan pelanggan baru.

2. Pengendalian biaya yang lebih baik

Kurangnya koordinasi dan proses QC dalam perusahaan merupakan penyebab tidak efisiennya produksi yang menyebabkan pendapatan yang rendah. Inefisiensi meningkatkan biaya produksi dan berpotensi menghasilkan layanan dan produk yang buruk. Sebuah perusahaan akhirnya menghabiskan lebih banyak biaya untuk menganalisis dan memperbaiki produk yang tidak sesuai. Dengan pengendalian kualitas, perusahaan dapat merencanakan dan menganggarkan dengan baik sehingga dapat mengendalikan biaya operasional dan produksi.

3. Memastikan penetapan standar industri

Kontrol kualitas penting untuk memastikan produk sesuai dengan standar. Kepatuhan juga penting bagi perusahaan karena dapat memasarkan produknya di mana saja selama mereka mengenal standar tersebut. Selain itu, jika produk telah memenuhi standar tertentu, perusahaan dapat memperoleh akreditasi dari berbagai badan pengatur standar. Pengakuan kualitas ini dapat membantu organisasi untuk mendapatkan pelanggan baru karena mereka akan memiliki kepercayaan pada produk.

4. Meningkatan metode produksi dan penjualan

Dengan mengumpulkan data yang tepat tentang proses produksi, dimungkinkan untuk meningkatkan metode produksi dan membuat desain peralatan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas produk, produktivitas, dan efisiensi keseluruhan operasi. Proses QC memastikan produksi produk berkualitas yang sangat membantu dalam menarik lebih banyak pelanggan untuk produk tersebut sehingga meningkatkan penjualan.

5. Pengoptimalan dalam hal inspeksi

QC menghasilkan penghematan biaya dalam inspeksi sehingga Anda akan memiliki gambaran yang lebih baik tentang proses dan lebih percaya diri pada kemampuan perusahaan Anda untuk menghasilkan barang berkualitas tinggi tanpa kesalahan. Data yang dikumpulkan selama prose QC dapat digunakan untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

6. Meningkatkan Kepuasan konsumen

Menggunakan alat dan proses QC tidak hanya memastikan bahwa produk yang dihasilkan aman dan tepat sebagaimana mestinya, tetapi juga memastikan bahwa pelanggan tidak kecewa dengan apa yang mereka dapatkan. Semakin baik kualitas produk, semakin bahagia penggunanya, dan semakin banyak profit yang akan dihasilkan.

7. Mendapatkan kepercayaan sebagai perusahaan

Kualitas adalah salah satu alasan perusahaan mendapatkan reputasi yang baik. Pelanggan yang puas cenderung membicarakan hal-hal positif tentang suatu perusahaan serta merekomendasikan produk berkualitas tersebut kepada orang lain. Selain itu, internet kini memungkinkan orang untuk berbagi pengalamannya disitus review atau media sosial. Ketika pelanggan melihat nilai dalam produk dan layanan, ulasan positif mereka dapat sangat membantu dalam meningkatkan upaya pemasaran produk yang di tawarkan.

Kesimpulan

Dengan adanya QC pada industri, tentunya menguntungkan baik bagi produsen maupun konsumen. produk yang berkualitas akan memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga permintaan akan produk meningkat. Saat ini teknologi tentunya memiliki peran yang sangat penting untuk melakukan QC yang dapat memaksimalkan efisiensi dari setiap proses yang terjadi pada industri tersebut. Untuk bisa menerapkan teknologi pada sistem QC di perusahaan, saat ini sudah ada beberapa penyedia teknologi yang bisa memberikan kemudahan untuk Anda agar maksimal dalam menerapkan sistem QC tersebut.

Salah satunya adalah Synnex Metrodata Indonesia yang menyediakan solusi inovatif yang didukung oleh teknologi berbasis intel. Alfabeta Quality Control Solution adalah teknologi berbasis Internet of Things (IoT) yang mengotomasi proses inspeksi dengan analisis kecerdasan buatan dan berorientasi data. Analisis quality control-nya (QC) pun secara real-time dan terintegrasi. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi Alfabeta Quality Control Solution dari Synnex Metrodata Solution, Anda bisa klik di sini.

Bagikan :

Artikel lainnya

Logitech Room Solution: Pendukung Video Conference Dalam Menjalankan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Kemajuan besar dalam teknologi telah mengubah secara drastis cara dan tempat untuk menjalankan bisnis dengan lebih banyak orang yang bekerja dari jarak jauh....

baca lebih lanjut

Mengenal Cisco Factory Wireless LAN: Teknologi Nirkabel (Wireless) untuk Internet of Things (IoT)

Teknologi Nirkabel (wireless) di dalam Internet of Things (IoT) adalah istilah luas yang mencakup banyak perangkat yang terhubung di sekitar kita...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut