Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Cisco Meraki for Retail and Hospitality Pendukung Desain Interior di Tengah Revolusi Industri 4.0

05 Oktober 2020 Cisco Meraki for Retail and Hospitality Pendukung Desain Interior di Tengah Revolusi Industri 4.0
Image source: unsplash.com

Saat ini, bukan hal yang aneh jika teknologi benar-benar mengubah segala sesuatu di sekitar kita. Salah satu industri yang mengalami kemajuan belakangan ini salah satunya yaitu desain interior. Hal ini dikarenakan, desain interior dibutuhkan dan banyak melibatkan kolaborasi dengan desainer untuk merencanakan dan menciptakan ruang interior, yang tidak hanya menyenangkan secara estetika bagi pelanggan tetapi juga mengedepankan fungsionalnya.

Di tengah revolusi industri 4.0 ini, desain interior masih menjadi salah satu bidang yang diminati dan berkembang. Sentuhan inovasi dan kreativitas oleh seorang desainer interior menjadi sesuatu yang masih terus dicari di tengah maraknya penggunaan Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan robotic technology untuk menggantikan pekerjaan manusia.

Sehingga di era saat ini, selain menyatukan teknis desain dengan estetika, para desainer interior juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan desain-desain terbaiknya baik untuk interior rumah, perkantoran, atau pun perhotelan.

Teknologi Desain Interior

Seperti yang diinginkan, teknologi tentunya akan memainkan peran yang besar dalam masa depan desain interior. Akan tetapi teknologi yang bagaimana? Bagi siapa pun yang memiliki minat pada salah satu industri paling kreatif dan menarik, inilah masa depan yang menanti untuk desain interior.

1. Smart Home / Smart Building

Cisco Meraki for Retail and Hospitality Pendukung Desain Interior di Tengah Revolusi Industri 4.0 Image source: unsplash.com

Pada saat ini, sudah banyak rumah, perkantoran, ataupun perhotelan yang menggunakan fitur Smart Home/Smart Building. Para analis memperkirakan bahwa industri perangkat Smart Home/Smart Building akan mencapai US $ 107,4 miliar pada tahun 2023 secara global.

Tentunya salah satu raksasa teknologi terus merilis Internet of Things (IoT) yang dirancang untuk membuat suatu tempat menjadi lebih terhubung. Seperti Cisco yang menawarkan adanya WiFi, security camera, dan lainnya. Selain itu juga ada Google Home memiliki kendali yang bertindak sebagai asisten pribadi, alarm, dan speaker yang digabungkan menjadi satu. Anda bisa berbicara dengan perangkat Google Home untuk mematikan televisi, atau hal lainnya.

2. Digital Furniture

Cisco Meraki for Retail and Hospitality Pendukung Desain Interior di Tengah Revolusi Industri 4.0 Image source: unsplash.com

Desainer interior menggunakan furnitur untuk membangun rasa menyenangkan dan fungsional di sebuah ruangan. Perubahan cara kita berinteraksi dengan teknologi telah mengubah cara kita hidup. Kursi Scene XXL dari M2L misalnya, hadir dengan pilihan meja portable yang terpasang. Saat ini, membuat desain interior dan memilih furnitur harus senantiasa memperhatikan aspek-aspek ke arah yang lebih digital lainnya, sehingga bisa memudahkan baik saat mendekorasi interior di dalam rumah, perkantoran, atau perhotelan.

3. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Cisco Meraki for Retail and Hospitality Pendukung Desain Interior di Tengah Revolusi Industri 4.0 Image source: unsplash.com

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) telah menjadi pusat perhatian di banyak industri, termasuk pada industri desain interior. Hal ini memungkinkan desainer menguji ratusan desain wallpaper, furnitur atau jenis lantai hanya dengan mengklik tombol. Atau di dalam dunia perhotelan, pengunjung akan bisa melihat denah hotel, dan menjelajah tempat-tempat pariwisata di lingkungan hotel hanya dengan menggunakan VR dan AR.

Tidak mengherankan jika industri desain interior menyambut VR dan AR sebagai awal dari masa depan teknologi baru. Akan tetapi, teknologi AR dan VR masih cukup mahal dan membutuhkan komputer yang sangat kuat untuk memprosesnya.

Kesimpulan

Dengan demikian, kemajuan desain interior di tengah revolusi 4.0 akan terus berkembang pesat dengan adanya teknologi yang diantaranya adalah Smart Home/ Smart Building, Digital Furniture, dan AR/VR yang akan memudahkan pengguna untuk menambah pengalaman dan menyederhanakan proses desain interior yang dibutuhkan.

Penerapan tren teknologi pada industri desain interior, baik untuk di rumah, perkantoran, atau perhotelan sudah bisa ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari. Sudah ada beberapa penyedia teknologi yang bisa memberikan kemudahan untuk Anda. Salah satunya adalah Synnex Metrodata Indonesia dengan produk yang ditawarkan berupa Cisco Meraki for Retail and Hospitality.

Cisco Meraki for Retail and Hospitality merupakan teknologi berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat menyederhanakan manajemen teknologi informasi dan terpusat sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan dengan rangkaian produk canggih untuk memberikan pengalaman nirkabel tanpa batas bagi pelanggan, selain itu juga membantu mengurangi biaya operasional untuk tiap industri yang menggunakannya.

Tidak hanya itu, Synex Metrodata tentunya juga menyediakan beberapa teknologi IOT dan AI lain yang dapat meningkatkan produktivitas di berbagai industri. Jika Anda tertarik untuk mengetahui beragam inovasi lainnya dari Synnex Metrodata Solution, Anda bisa klik di sini.

Bagikan :

Artikel lainnya

Alfabeta Mining Solution: Revolusi Teknologi Pertambangan Pada Industri 4.0

Akhir-akhir ini Industri 4.0 juga ikut mempengaruhi industri pertambangan, beberapa industri pertambangan telah mengambil langkah penting...

baca lebih lanjut

Logitech Room Solution: Pendukung Video Conference Dalam Menjalankan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Kemajuan besar dalam teknologi telah mengubah secara drastis cara dan tempat untuk menjalankan bisnis dengan lebih banyak orang yang bekerja dari jarak jauh....

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut