Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Hanwha Techwin Occupancy Monitoring: Teknologi AI Dalam Penerapan Image Recognition

24 September 2020 Hanwha Techwin Occupancy Monitoring: Teknologi AI Dalam Penerapan Image Recognition
Image source: unspalash.com

Image Recognition adalah sebuah teknologi dengan menggunakan kecerdasan buatan untuk secara otomatis mengidentifikasi objek, orang, tempat, dan tindakan dalam gambar. Image Recognition digunakan untuk melakukan tugas seperti memberi label gambar, mencari konten, dan sistem bantuan pengemudi. Pada dasarnya Image Recognition merupakan proses yang alami bagi manusia dan hewan, akan tetapi merupakan tugas yang sangat sulit dilakukan oleh seubah komputer.

Selama dua dekade terakhir, bidang Computer Vision telah muncul, dan alat serta teknologi telah dikembangkan yang dapat menjawab tantangan tersebut. Alat paling efektif yang ditemukan untuk melakukan Image Recognition adalah Deep Neural Network, khususnya Convolutional Neural Network (CNN). CNN adalah sebuah arsitektur yang dirancang untuk memproses, menghubungkan, dan memahami sejumlah besar data dalam gambar resolusi tinggi secara efisien.

Penerapan Image Recognition

Hanwha Techwin Occupancy Monitoring: Teknologi AI Dalam Penerapan Image Recognition Image source: unsplash.com

Penerapan Image Recognition mencakup pengenalan objek, pengenalan wajah, pengenalan gerakan, analisis gambar, keamanan dan pengawasan, dan lainnya. Saat ini, pengenalan wajah, foto, dan video telah digunakan oleh Facebook, Google, Youtube, dan banyak aplikasi dengan pengguna dalam jumlah besar lainnya.

Image Recognition bekerja seperti mata manusia yang melihat gambar sebagai sekumpulan sinyal, dan ditafsirkan oleh korteks visual otak. Hasilnya adalah pengalaman sebuah adegan, terkait dengan objek dan konsep yang tersimpan dalam memori dan Image Recognition meniru proses ini.

Komputer melihat gambar sebagai sekumpulan raster (kanvas piksel dengan nilai numerik diskrit untuk warna) atau vektor (poligon beranotasi warna). Dan akhirnya, sistem computer vision menggunakan klasifikasi atau algoritma untuk membuat keputusan tentang gambar atau bagian dari gambar tersebut, kategori apa yang mereka miliki, atau cara terbaik untuk mendeskripsikannya.

Penggunaan Image Recognition di Beberapa Industri

Hanwha Techwin Occupancy Monitoring: Teknologi AI Dalam Penerapan Image Recognition Image source: unsplash.com
  1. Industri Pendidikan
    Image Recognition dapat membantu siswa dengan kesulitan dan ketidakmampuan belajar. Misalnya, aplikasi yang didukung oleh computer vision menyediakan fungsi image-to-speech, yang dapat membacakan materi untuk siswa dengan disleksia atau gangguan penglihatan.

  2. Industri e-commerce
    Image Recognition digunakan untuk memproses, mengkategorikan, menandai gambar produk secara otomatis, dan memungkinkan penelusuran gambar yang canggih. Misalnya, konsumen dapat mencari rak sepatu dengan bentuk dan model tertentu dan mendapatkan hasil yang relevan.

  3. Industri Manufaktur
    Image Recognition digunakan dalam berbagai tahap siklus manufaktur. Ini digunakan untuk mengurangi cacat dalam proses pembuatan. Misalnya, dengan menyimpan gambar komponen dengan metadata lalu secara otomatis mengidentifikasi cacat di dalam proses pembuatan.

  4. Industri game
    Image Recognition dapat digunakan untuk mengubah gambar menjadi seperti dunia nyata. Augmented reality menambahkan detail ke lingkungan yang ada. Pokemon Go adalah salah satu game populer yang mengandalkan teknologi Image Recognition.

  5. Industri otomotif
    Image Recognition Kendaraan otomatis sedang dalam tahap pengujian di berbagai negara dan digunakan untuk transportasi umum di banyak kota. Untuk memfasilitasi autonomous driving, sistem diajarkan untuk mengidentifikasi objek di jalan, termasuk objek bergerak, kendaraan, orang dan jalur, serta mengenali lampu lalu lintas dan rambu jalan.

Kesimpulan

Maka dari itu, Image Recognition sangat membantu manusia di berbagai industri baik untuk mengambil keputusan maupun mempermudah pekerjaan. Untuk penerapan teknologi artificial intelligence, Synnex Metrodata Indonesia selalu menyediakan solusi invovasi yang didukung oleh teknologi terbaik dibidang Artificial Intelligence yaitu diantaranya:

  1. Hanwha Techwin Occupancy Monitoring Appllication yang memungkinkan deteksi objek yang cepat dan akurat dengan atau tanpa masker wajah dan segera mengirimkan peringatan

  2. Hanwha Techwin Face Mask Detection yang menggabungkan resolusi kamera 4K dengan analitik video AI sehingga dapat memantau tingkat hunian secara akurat.

Anda tertarik untuk mengetahui inovasi dibidang AI, IoT atau lainnya dari Synnex Metrodata Solution, Anda bisa klik di sini.

Bagikan :

Artikel lainnya

Logitech Room Solution Mendukung Teknologi Video Meetings Saat Pandemi Covid-19

Dengan penularan yang sangat tinggi, Covid-19 sekarang telah menjadi pandemi global. Koordinasi antar berbagai kalangan sangat diperlukan untuk implementasi...

baca lebih lanjut

Alfabeta Mining Solution: Revolusi Teknologi Pertambangan Pada Industri 4.0

Akhir-akhir ini Industri 4.0 juga ikut mempengaruhi industri pertambangan, beberapa industri pertambangan telah mengambil langkah penting...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut