Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Bagaimana Internet of Things Bisa Bermanfaat Bagi Industri Perhotelan ?

28 Juli 2020 Bagaimana Internet of Things Bisa Bermanfaat Bagi Industri
Perhotelan ?

Beragam industri tentunya telah dipengaruhi oleh Internet of Things (IoT). Seperti di kehidupan sehari-hari, sampai dengan sektor bisnis. Tak dipungkiri bahwa IoT juga telah merambah ke industri perhotelan. Adanya teknologi canggih ini mengubah berbagai hal dari pelayanan mereka.

Seperti cara layanan, nilai akan suatu produk, serta potensi untuk mendefinisikan kembali pengalaman customer dan menyelesaikan permintaannya secara real-time. Penting bagi pemilik bisnis di bidang perhotelan untuk memanfaatkan keberadaan IoT. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan menjeaskan bagaimana IoT bisa memberikan keuntungan untuk industri perhotelan, dan mengapa Anda sebagai pelaku bisnis perlu mempertimbangkannya.

Apa itu IoT ?

IoT adalah suatu jaringan yang terhubung luas, di mana perangkat dan peralatan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain, tanpa adanya campur tangan manusia. Pada dasarnya, IoT bisa mengubah perangkat yang "mati" menjadi lebih "hidup". IoT tentunya dapat meningkatkan banyak hal. Yaitu pengumpulan data dan memungkinkan manusia untuk mengontrol beberapa perangkat dari jarak jauh.

Apa Keuntungannya Bagi Industri Perhotelan?

Pada dasarnya penggunaan IoT pada perhotelan bukan hal yang baru. Saat ini, banyak pemilik hotel yang telah memanfaatkan teknologi ini. Mereka menilai, bahwa IoT bisa memberikan berbagai manfaat yang sangat relevan dengan hotel. Manfaat ini sangat bervariasi, mulai dari memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, hingga pengurangan biaya operasional.

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana IoT bisa meningkatkan industri perhotelan :

1. Meningkatkan Produktivitas

Sistem yang otomatis adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Mulai dari perusahaan multinasional hingga bisnis kecil telah memanfaatkan teknologi ini untuk menghemat waktu. Dengan menggunakan teknologi IoT yang serba otomatis, maka Anda bisa membantu karyawan Anda untuk menghemat waktu mereka. Dari situ, tak dipungkiri bahwa motivasi dan efisiensi kerja bisa jadi meningkat.

2. Profil Pelanggan yang Lebih Mendalam

Bagi perusahaan B2C (toko online dan ritel) keberadaan IoT memberikan banyak keuntungan, salah satunya yaitu mengenai informasi pelanggan. Seperti preferensi, rutinitas, pola konsumen, dan pembelanjaan. Jika digunakan pada bidang perhotelan, akan memungkinkan untuk mempelajari lebih mendalam tentang perilaku konsumen, guna mengantisipasi kebutuhan atau menyediakan layanan dan produk yang sesuai dengan latar belakang mereka.

Dengan kata lain, analisis dan kompilasi data sangat penting. Analytics tidak hanya memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara pelanggan berinteraksi dengan teknologi, tetapi juga bisa mendorong integrasi model bisnis yang baru.

3. Pelacakan dan Manajemen Inventaris

Sama seperti industri lain, IoT akan merevolusi cara hotel untuk mengelola dan melacak kebutuhan inventaris. Jika Anda adalah pelaku bisnis yang mengandalkan manufaktur, pergudangan, atau penyimpanan, Anda bisa menggunakan perangkat jarak jauh untuk membantu pekerjaan staff atau memantau kebutuhan inventaris per item.

4. Meningkatkan Keterlibatan Antara Hotel dan Tamu

Dengan IoT, pihak hotel bisa lebih terlibat dengan tamu mereka. Seperti, mengirim rekomendasi secara real-time kepada para tamu yang sesuai dengan preferensi mereka. Misalnya, informasi tentang kafe, tempat wisata terdekat, atau pantai yang ingin mereka kunjungi.

Contoh Penerapan IoT di Industri Perhotelan

Bagaimana Internet of Things Bisa Bermanfaat Bagi Industri
Perhotelan ? Image source: pixabay.com

1. Hyper-Personalised Hotel Rooms

Hotel Hilton dan Marriott telah bereksperimen dengan konsep hyper-personalised. Di mana pengguna bisa mengontrol banyak fitur kamar dari ponsel mereka, atau tablet yang disediakan. Hal ini memungkinkan para tamu untuk mengontrol sistem penghangat, ventilasi, dan pendingin udara hanya dari satu tempat.

2. Berbasis Informasi Lokasi

Teknologi Bluetooth, dan GPS telah membuka semua kemungkinan baru dalam hal pengiriman informasi berbasis lokasi. Industri perhotelan juga bisa menggunakannya untuk mengirim pesan ke customer di waktu yang tepat.

Misalnya, mengirim pesan SMS mengenai menu item di restoran, atau mengiklankan layanan gym ketika mereka berada di dekat tempat gym. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengirimkan informasi terkini tentang jaringan transportasi lokal atau objek wisata terdekat.

3. Kartu Kunci Elektronik

Saat ini telah banyak hotel yang menggunakan kartu untuk membuka kamar hotel. Tetapi dengan IoT, Anda juga bisa melakukan pengiriman kartu kunci digital langsung ke ponsel para tamu. Dengan begitu, kehilangan kunci kamar hotel bisa terminimalisir.

Kesimpulan

Berikut tadi adalah contoh penerapan, dan manfaat yang akan Anda dapatkan jika memaksimalkan teknologi IoT pada industri perhotelan. Secara khusus, ini dapat membantu untuk mengotomatisasi proses, meningkatkan pengalaman pelanggan dan membantu perusahaan perhotelan untuk menghemat uang pada biaya energi dan pemeliharaan.

Salah satu perusahaan yang menyediakan IoT solutions sebagai bagian dari bisnis perhotelan Anda adalah Synnex Metrodata Indonesia. Melalui Cisco Meraki for Retail and Hospitality, Anda bisa menyederhanakan manajemen IT sembari meningkatkan pengalaman pelanggan dengan serangkaian produk canggih. Yang juga bisa membantu Anda untuk mengurangi biaya operasional dengan manajemen perangkat terpusat.

Jika Anda tertarik untuk mengenal Cisco Meraki for Retail and Hospitality, Anda bisa klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan :

Artikel lainnya

Internet of Things dan Fungsinya di Sektor Bisnis

Penghubungan mesin dengan mesin secara langsung melalui sambungan internet adalah suatu bentuk dari Internet of Things (IoT). Melalui IoT, mesin yang satu dengan lainnya bisa...

baca lebih lanjut

Penerapan IoT Dalam Pembangunan Smart City

Saat ini, penerapan smart city bukan hanya suatu konsep atau impian masa depan. Berkat inovasi Internet of Things (IoT), banyak sektor yang berkembang pesat. Pemerintah Kota di...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut