Synnex Metrodata Indonesia | Intel IOT

Internet of Things dan Fungsinya di Sektor Bisnis

23 Juli 2020 Internet of Things dan Fungsinya di Sektor Bisnis

Penghubungan mesin dengan mesin secara langsung melalui sambungan internet adalah suatu bentuk dari Internet of Things (IoT). Melalui IoT, mesin yang satu dengan lainnya bisa langsung berkomunikasi tanpa adanya campur tangan manusia. Dengan ada penerapan IoT mesin akan bekerja secara otomatis, sehingga berdampak pada efisiensi dan kecepatan dalam suatu kegiatan. Namun, kegiatan yang dilandasi oleh IoT setidaknya harus memenuhi tiga komponen dalam penerapannya, yaitu:

  • Perangkat elektronik
  • Jaringan internet
  • Aplikasi untuk mengendalikan perangkat

Contoh IoT di Kehidupan Sehari-hari

Di kehidupan sehari-hari, Anda bisa menemukan beragam contoh IoT dengan mudah, seperti penerapan smart home. Sebuah rumah bisa dikatakan sebagai smart home apabila kegiatan di dalam rumah tersebut sebagian besar berbasis IoT. Salah satunya adalah lampu. Jika rumah tersebut sudah memakai lampu pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi untuk menyalakan dan mematikan, maka itulah yang disebut sebagai IoT. Cara kerja serupa juga berlaku untuk perangkat elektronik pintar lainnya. Seperti pendingin udara, penjernih udara, atau motion sensors.

Elemen dari IoT tidak hanya berfungsi untuk menyalakan. Pengguna juga bisa memasang timer. atau langsung mematikan berbagai perangkat pintar tersebut dari jarak jauh. Jika seandainya lupa mematikannya ketika meninggalkan rumah. Selain untuk kenyamanan, IoT juga bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan keamanan di rumah. Contohnya adalah melalui CCTV yang mendukung teknologi IoT. Dengan begitu, pemilik rumah bisa mengawasi rumahnya melalui aplikasi saat sedang berpergian.

Penerapan IoT Dalam Dunia Bisnis

Selain kebutuhan rumah, IoT juga seringkali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Saat ini, solusi berbasis IoT sudah mulai diterapkan di beberapa industri untuk mempermudah operasionalnya agar lebih efisien. Sebagai contoh, pada bisnis sektor pertanian dan perikanan. Pada bisnis pertanian, IoT bisa membantu petani untuk mendapatkan hasil panen yang lebih optimal melalui alat yang ditanam dalam tanah. Alat ini berfungsi untuk mengukur kelembaban tanah, dan pengukuran lainnya agar petani bisa mengambil langkah yang tepat untuk memaksimalkan hasil tanamannya.Di bisnis perikanan, IoT juga membantu petani tambak untuk memberi pakan ikan. Alat yang ditanam dalam tambak, akan mengirimkan sinyal ke perangkat pemberi pakan otomatis. Selanjutnya perangkat pemberi pakan akan mengeluarkan pakan sesuai porsinya berdasarkan sensor gerakan yang mendeteksi pergerakan ikan.Dengan begitu, pakan yang diberikan akan lebih efisien, karena dikeluarkan sesuai porsinya dan petani tidak perlu khawatir jika mereka akan terlambat memberikan pakan ketika ikan kelaparan.

Tak hanya itu, penerapan IoT juga dilakukan di industri ritel. Mereka memanfaatkan IoT untuk pemantauan stok, memonitor mesin distribusi, dan menyelesaikan masalah pelanggan. Sebagai contoh, salah satu perusahaan produsen minuman kemasan di Amerika Serikat pada awalnya memiliki kesulitan dalam pemantauan stok yang ada di 15.000 vending machine yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Mereka pun melakukan pengecekannya secara manual. Setelah memanfaatkan IoT, yang dipasangkan sensor pada tiap mesin, proses pengecekan stok kini bisa dilakukan secara otomatis. Perusahaan kini hanya membutuhkan 20 menit untuk mengaudit semua stok, bahkan ketika jumlah mesin yang kini mencapai 100.000 buah.

Namun, pemanfaatan IoT bukan hanya terkait stok. Sensor IoT yang ada juga bisa memonitor kondisi mesin, termasuk peringatan jika terjadi masalah. IoT juga berhasil membantu perusahaan ini menerapkan layar interaktif di vending machine yang berada di tempat umum. Layar ini mendorong konsumen membeli produk mereka dan konsumen akan menerima WiFi gratis sebagai imbalannya.

Contoh lain pemanfaatan IoT di industri retail adalah yang dilakukan oleh sebuah perusahaan penyedia perangkat POS (Point of Sales), yang bertujuan untuk mempermudah kinerja pelaku bisnis sebagai pengguna perangkatnya. Perusahaan POS ini mengandalkan teknologi IoT, terutama di sisi IoT Connectivity Management. Dengan begini, pelaku bisnis akan mendapatkan kemudahan sejak proses instalasi. Perangkat POS bisa langsung digunakan tanpa harus melakukan konfigurasi jaringan kartu SIM yang digunakan. Mereka juga bisa menjalankan bisnisnya dengan tenang, karena konektivitas perangkat POS ke jaringan bank selalu termonitor dan dijamin kelancarannya.

Pentingnya Peran IoT dalam Bisnis

Dari contoh di atas, bisa terlihat bahwa penggunaan teknologi IoT dalam suatu bisnis sangat penting. Karena pada umumnya, implementasi IoT melibatkan perangkat dalam jumlah yang banyak dan tersebar di berbagai titik. Karena itu, kemampuan monitoring terhadap seluruh perangkat IoT sangat diperlukan demi memastikan proses bisnis berjalan dengan lancar.

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan melalui Advantech Ushop + Store Business Intelligence Solution dari Synnex-IoT Solutions. Dengan Advantech Ushop + Store Business Intelligence, Anda bisa dengan mudah mengelola bisnis cabang dengan mudah, memeriksa data kinerja vabang bisnis, kapan saja dan di mana saja. Menariknya lagi, Anda bisa menganalisis data yang dikumpulkan dari bisnis-bisnis Anda untuk mengoptimalkan strategi penjualan, dan operasi harian dengan menggunakan Business Intelligence. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Advantech Ushop + Store Business Intelligence, Anda bisa melihatnya disini

Bagikan :

Artikel lainnya

Internet of Things dan Potensinya Pada Industri Kesehatan

Bisa dibilang bahwa industri kesehatan berbasis Internet of Things (IoT) terus meningkat. Pada dunia pelayanan kesehatan, teknologi IoT akan merubah sistem pelayanan kesehatan...

baca lebih lanjut

Bagaimana Internet of Things Bisa Bermanfaat Bagi Industri Perhotelan ?

Beragam industri tentunya telah dipengaruhi oleh Internet of Things (IoT). Seperti di kehidupan sehari-hari, sampai dengan sektor bisnis. Tak dipungkiri bahwa IoT juga telah...

baca lebih lanjut

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut